Kamis, 28 Agustus 2008

Al Azhar - Kelapa Gading

Dilihat dari pertumbuhannya yang sangat cepat dan berbagai aspek daya dukung yang dimilikinya, boleh jadi Al-Azhar Kelapa Gading adalah merupakan institusi ideal yang memadukan peningkatan kualitas Iman dan Taqwa (Imtaq) serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Makna ideal disini berkonotasi luas karena Al-Azhar Kelapa Gading telah mengalami pertumbuhan yang spektakuler khususnya dalam bidang pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen).

Al-Azhar Kelapa Gading juga telah lengkap memiliki unit satuan pendidikan, yakni mulai dari Kelompok Bermain (Taman Azhar) untuk anak didik usia 3-3,5 tahun, TK Islam untuk anak didik usia 4-5 tahun, SD Islam, SMP Islam, dan SMA Islam. Pada premis inilah profil Al-Azhar Kelapa Gading tampak mencuat. Bukan sebagai lembaga yang penuh gengsi, melainkan sebagai lembaga yang menginternalisasikan nilai-nilai Imtaq dan Iptek di dalam perilaku peserta didiknya. Sistem nilai yang dipakai untuk mengembangkan sumber daya manusia itulah yang membedakan satu lembaga dari yang lainnya. Nilai-nilai kejujuran, ketertiban, disiplin, dan semangat melayani, ditanamkan melalui keteladanan dan tindak nyata, tidak sekedar melalui pengajaran di kelas. Semuanya itu dapat terwujud adalah berkat kegigihan dan ketekunan seluruh civitas akademika serta dukungan dari siswa dan orang tua/wali yang turut ambil bagian dalam berbagai program kegiatan sekolah.

Dengan pendekatan teknologi pendidikannya yang sangat memadai, maka tak berlebihan kalau pada akhirnya Al-Azhar Kelapa Gading ini menjadi tumpuan harapan masyarakat dalam mendorong dinamika proses pendidikan nasional yang dicita-citakan. Kini dan esok, Al-Azhar Kelapa Gading tidak saja diharapkan sebagai salah satu pusat keunggulan, tetapi juga diharapkan dapat berperan aktif sebagai wahana penguatan iman dan taqwa serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keberpihakan Al-Azhar Kelapa Gading pada Imtaq dan Iptek terpola dalam program yang telah bertahun-tahun diselenggarakan, yakni melalui penetapan lamanya masa pendidikan. Penetapan ini sesuai dengan kurikulum yang berlaku, antara lain: Taman Azhar (1 tahun), Taman Kanak-Kanak (1-2 tahun), Sekolah Dasar (6 tahun), Sekolah Menengah Pertama (3 tahun), dan Sekolah Menengah Umum (3 tahun). Namun demikian, Al-Azhar Kelapa Gading pun membuka program percepatan (akselerasi) bila memungkinkan.

Tersedianya seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) yang dimiliki Al-Azhar Kelapa Gading ini ternyata sangat memudahkan masyarakat pengguna jasa dalam mencari kelangsungan pendidikan putra-putrinya. Begitu pula bagi pihak sekolah, sangat mempermudah dalam mencari kelangsungan pendidikan putra-putrinya. Begitu pula bagi pihak sekolah, sangat mempermudah dalam menjalankan program-program unggulannya. Akan tetapi meskipun demikian, kebijakan di Al-Azhar Kelapa Gading selama ini, tidak secara otomatis siswa tersebut bisa naik dari jenjang pendidikan sekolah ke jenjang setingkat lebih tinggi di atasnya. Ada persyaratan khusus yang harus dipenuhinya, antara lain, siswa tersebut harus meraih prestasi rata-rata baik atau minimal nilai murni tidak kurang dari 6,0 (enam koma nol). Dan apabila kurang dari skor angka prestasi tersebut, maka siswa yang bersangkutan harus mengikuti tes seleksi bersama-sama calon siswa yang mendaftar yang berasal dari sekolah luar Al-Azhar Kelapa Gading.

Makna Sekolah Plus
Sekolah Plus adalah sekolah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam keluaran (output) pendidikannya sebagai sekolah model dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Untuk mencapai keunggulan tersebut, maka masukan (siswa, guru, sarana, pengelolaan, dsb), dan proses pembelajarannya diarahkan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Untuk dapat dikatakan sebagai Sekolah Plus tentu ada beberapa kriteria yang menjadi persyaratannya, antara lain: Pertama, adalah dimensi siswanya. Masukan yang berupa siswa diseleksi dengan menggunakan kriteria tertentu, antara lain: (1) Prestasi belajar unggul, dengan indikator angka rapor, nilai UN dan hasil tes prestasi akademik; (2) Hasil psikotes yang meliputi intelegensia, kreativitas, dan tes fisik (jika diperlukan).

Kedua, dimensi gurunya. Guru dan tenaga kependidikan yang menangani terdiri atas guru/tenaga kependidikan yang bermutu dan professional, baik dari segi penguasaan materi pelajaran, metoda pengajaran, evaluasi maupun komitmen dalam melaksanakan tugas-tugas lainnya.

Ketiga, dimensi sarana dan prasarana. Sarana dan prasarananya lengkap hingga dapat menunjang dan memenuhi kebutuhan belajar siswa serta pengembangan minat dan bakat, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler.

Keempat, kurikulumnya. Pelaksanaan kurikulumnya diperkaya. Dalam hal ini meskipun berpegang pada kurikulum nasional yang standar, tetapi dilakukan pengembangan dan improvisasi secara maksimal sesuai dengan tuntutan belajar siswa yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding dengan siswa seusianya. Nilai-nilai plus dari sekolah ini terletak pada program tambahan di luar kurikulum nasional melalui pengembangan materi kurikulum, pengayaan dan perluasan, pengajaran remedial, pelayanan bimbingan dan konseling yang berkualitas, pembinaan kreatifitas dan disiplin, serta pembinaan kepemimpinan. Dan khusus bagi Al-Azhar Kelapa Gading, program tambahannya dititik beratkan kepada pendidikan agama, di mana selain menerapkan kurikulum nasional Al-Azhar Kelapa Gading juga telah mengintegrasikan pendidikan agama secara luas.

Kelima, lingkungan belajarnya. Lingkungan belajar, baik lingkungan fisik maupun lingkungan dalam arti sosial-psikologis, menunjang berkembangnya potensi keunggulan yang nyata.

Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa secara khusus Sekolah Plus ini termasuk didalamnya Al-Azhar Kelapa Gading bertujuan untuk menghasilkan keluaran pendidikan yang memiliki keunggulan dalam hal-hal berikut ini: (a) Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; (b) Nasionalisme dan patriotisme yang tinggi; (c) Wawasan IPTEK yang mendalam dan luas; (d) Motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan; (e) Kepekaan sosial dan kepemimpinan; dan (f) Disiplin yang tinggi yang ditunjang oleh kondisi fisik yang prima.

Info Lengkap : Wesbite Alazka

Komentar :

ada 0 komentar ke “Al Azhar - Kelapa Gading”